Pengembangan Video Untuk Membaca Permulaan Tema 5 Pengalamanku Siswa Kelas I Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9500Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video untuk membaca permulaan tema 5 pengalamanku siswa kelas I sekolah dasar, dalam muatan pembelajaran Bahasa pada materi mengenal kalimat pujian, ajakan, permintaan maaf, tolong dan terimakasih. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan prosedur pengembangan Sugiyono dengan 10 tahapan yaitu : tahapan potensi masalah, tahapan pengumpulan data, tahapan desain produk, tahapan validasi desain, tahapan revisi desain, tahapan uji coba produk, tahapan revisi produk, tahapan uji coba pemakaian, tahapan revisi produk dan tahapan produk masal (video membaca permulaan). Dalam subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 23 Palembang. Hasil penilaian ahli media, materi dan bahasa memperoleh keseluruhan presentase 92,4% menunjukan bahwa video membaca permulaan yang dikembangkan termasuk dalam kriteria “Sangat Valid”. Hasil perolehan angket respon siswa memperoleh presentase 90,99% menunjukan bahwa video membaca permulaan yang dikembangkan termasuk dalam kritreria “ Sangat Praktis”. Hasil tes ketutasan dalam belajar siswa mendapatkan rata – rata 90,8% menunjukan bahwa video membaca permulaan yang dikembangkan termasuk dalam kriteria “Sangat Efektif”. Sehingga pengembangan video membaca permulaan layak digunakan dalam pembelajaran.Downloads
Published
2022-12-05
How to Cite
Sari, O. Z., Armariena, D. N. ., & Syaflin, . S. L. . (2022). Pengembangan Video Untuk Membaca Permulaan Tema 5 Pengalamanku Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8626–8631. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9500
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ochi Zuljulita Sari, Dian Nuzulia Armariena, Sylvia Lara Syaflin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).