Pengembangan Video Untuk Membaca Permulaan Tema 5 Pengalamanku Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Authors

  • Ochi Zuljulita Sari Universitas PGRI Palembang
  • Dian Nuzulia Armariena Universitas PGRI Palembang
  • Sylvia Lara Syaflin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9500

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video untuk membaca permulaan tema 5 pengalamanku siswa kelas I sekolah dasar, dalam muatan pembelajaran Bahasa pada materi mengenal kalimat pujian, ajakan, permintaan maaf, tolong dan terimakasih. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan prosedur  pengembangan Sugiyono dengan 10 tahapan yaitu : tahapan potensi masalah, tahapan pengumpulan data, tahapan desain produk, tahapan validasi desain, tahapan revisi desain, tahapan uji coba produk, tahapan revisi produk, tahapan uji coba pemakaian, tahapan revisi produk dan tahapan produk masal (video membaca permulaan). Dalam subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas I SD Negeri 23 Palembang. Hasil penilaian ahli media, materi dan bahasa memperoleh keseluruhan presentase 92,4% menunjukan bahwa video membaca permulaan yang dikembangkan termasuk dalam kriteria “Sangat Valid”. Hasil perolehan angket respon siswa memperoleh presentase 90,99% menunjukan bahwa video membaca permulaan yang dikembangkan termasuk dalam kritreria “ Sangat Praktis”. Hasil tes ketutasan dalam belajar siswa mendapatkan rata – rata 90,8% menunjukan bahwa video membaca permulaan yang dikembangkan termasuk dalam kriteria “Sangat Efektif”. Sehingga pengembangan video membaca permulaan layak digunakan dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2022-12-05

How to Cite

Sari, O. Z., Armariena, D. N. ., & Syaflin, . S. L. . (2022). Pengembangan Video Untuk Membaca Permulaan Tema 5 Pengalamanku Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 8626–8631. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9500