Pengaruh Model Card Sort terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Widyawati Widyawati Universitas PGRI Palembang
  • Bambang Hermansah Universitas PGRI Palembang
  • Sylvia Lara Syaflin Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7975

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model card sort terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model card sort terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. Populasi penelitian ini yaitu kelas IVA dan IVB SD Negeri 01 Tanjung Rajayang berjumlah 48 siswa. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah  model card sort. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Berdasarkan tes hasil belajar diketahui bahwa hasil tes siswa kelas eksperimen dengan nilai tertinggi adalah 81,95 dan nilai terendah adalah 59,44 dengan rata-rata 22,51. sedangkan hasil tes siswa kelas kontrol dengan nilai tertinggi adalah 73,06 dan nilai terendah adalah 56,67 dengan nilai rata-rata 16,36. Dari hasil perhitungan diperoleh kelas eksperimen menggunakan model Card Sort lebih tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh model card sort terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Widyawati, W., Hermansah, B. ., & Syaflin, S. L. . (2022). Pengaruh Model Card Sort terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8003–8008. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7975