Pengaruh Model Card Sort terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7975Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model card sort terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model card sort terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD. Populasi penelitian ini yaitu kelas IVA dan IVB SD Negeri 01 Tanjung Rajayang berjumlah 48 siswa. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model card sort. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Berdasarkan tes hasil belajar diketahui bahwa hasil tes siswa kelas eksperimen dengan nilai tertinggi adalah 81,95 dan nilai terendah adalah 59,44 dengan rata-rata 22,51. sedangkan hasil tes siswa kelas kontrol dengan nilai tertinggi adalah 73,06 dan nilai terendah adalah 56,67 dengan nilai rata-rata 16,36. Dari hasil perhitungan diperoleh kelas eksperimen menggunakan model Card Sort lebih tinggi. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh model card sort terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD.Downloads
Published
2022-10-26
How to Cite
Widyawati, W., Hermansah, B. ., & Syaflin, S. L. . (2022). Pengaruh Model Card Sort terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8003–8008. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7975
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Widyawati, Bambang Hermansah, Sylvia Lara Syaflin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).