Hubungan Perhatian Orangtua dengan Disiplin Belajar Siswa di SMPN 5 Kota Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5986Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah disiplin belajar yang sering terjadi pada siswa. Disiplin belajar adalah perilaku individu yang menunjukkan kepatuhan dan ketaatan terhadap aturan yang telah ditetapkan agar dapat fokus belajar. Perhatian orangtua merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi disiplin belajar pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan hubungan antara perhatian orangtua dengan disiplin belajar siswa di SMPN 5 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 197 orang siswa. Pemilihan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji validitas dan realibilitasnya dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 24 dan wawancara. Hasil penelitian ini menyatakan terdapat hubungan antara perhatian orangtua dengan disiplin belajar siswa di SMPN 5 Kota Jambi, dilihat dari hasil analisis korelasi dan didapatkan nilai Sig sebesar 0.000 < 0.05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya didapatkan r hitung sebesar (0,478) dan ditafsirkan sebagai korelasi sedang (hubungan memadai). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi perhatian orangtua maka semakin tinggi pula disiplin belajar. begitupun sebaliknya semakin rendah perhatian orangtua maka semakin rendah pula disiplin belajar siswa di SMPN 5 Kota Jambi.Downloads
Published
2022-08-12
How to Cite
Veronika, . L., Gutji, N. ., & Sekonda, . F. A. . (2022). Hubungan Perhatian Orangtua dengan Disiplin Belajar Siswa di SMPN 5 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 3052–3058. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5986
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lusiana Veronika, Nelyahardi Gutji, Fellicia Ayu Sekonda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).