Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs N 5 Kota Jambi

Authors

  • Reanina Agustina Universitas Jambi
  • Nelyahardi Gutji Universitas Jambi
  • Fellicia Ayu Sekonda Universitas Jambi
  • Nur Hasanah Harahap Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10241

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil penerapan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs N 5 Kota Jambi. Pada penelitian ini peneliti membatasi permasalahan penerapan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di MTs Negeri 5 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Layanan (PTL) dengan penerapan layanan penguasaan konten. Subjek dalam penelitian tindakan layanan ini adalah siswa kelas VIII B di MTs N 5 Kota Jambi yang berjumlah 33 orang siswa, yang diambil berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru pembimbing yang mengajar di MTs N 5 Kota Jambi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi/pengamatan, wawancara, dan angket/instrumen. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan masing-masing siklus dilakukan sebanyak 2 tindakan. Didapatkan hasil dari penelitian yang dilakukan, mendapatkan hasil yang terbaik pada siklus ketiga pada tindakan ke II dengan presentase 90% dengan hasil observasi 31 (sangat baik) untuk peneliti dan 30 (sangat baik) untuk hasil observasi siswa dapat dikategorikan tinggi, diperkuat dengan hasil observasi kolaborator, dan pengamatan langsung dari peneliti kepada siswa yang telah mampu meningkatkan motivasi belajar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa telah mengalami peningkatan dengan diadakanya pelaksanaan layanan penguasaan konten.

Downloads

Published

2022-12-14

How to Cite

Agustina, R. ., Gutji, N. ., Sekonda, F. A. ., & Harahap, N. H. . (2022). Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di MTs N 5 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 11312–11319. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10241

Most read articles by the same author(s)