Pengaruh Media Kartu Huruf terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Aku dan Teman Baru di Kelas 1 SDN 124394 Pematang Siantar T.A.2022/2023

Authors

  • Mila Kristiani Sitepu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Muktar Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8594

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang pasif karena media pembelajaran masih kurang bervariasi yang diterapkan oleh guru mengakibatkan kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media kartu huruf berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan Eksperimen dengan Design penelitian Pre-experimental dengan Design Metode One Group Pre-Test Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri 124394 Pematangsiantar, Sampel penelitian ini sebanyak 26 siswa. Berdasarkan hasil dengan uji t maka dapat disimpulkan hipotesis diterima, yakni hasil uji thitung memperoleh nilai 21,977 dan ttabel adalah  2,05 sehingga hasilnya thitung > ttabel yang  artinya Ha diterima dan Ho ditolak maka kesimpulannya ini terdapat pengaruh media kartu huruf terhadap hasil belajar siswa pada tema 1 subtema 1 aku dan teman baru di kelas 1 SD Negeri 124394 Pematangsiantar T.A 2022/2023.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Sitepu, M. K. ., Panjaitan, M. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Media Kartu Huruf terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Aku dan Teman Baru di Kelas 1 SDN 124394 Pematang Siantar T.A.2022/2023 . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2517–2526. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8594

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2