Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun

Authors

  • Elisa Hutagaol Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Muktar Panjaitan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Hetdy Sitio Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8371

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang pasif karena model pembelajaran ceramah yang diterapkan oleh guru mengakibatkan kurangnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar,. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan Eksperimen dengan Design penelitian Pre-experimental dengan Design Metode One Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 091522 Marubun, Sampel penelitian ini  sebanyak 30 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji t yang menggunakan paired sample test maka dapat disimpulkan hipotesis diterima, yakni Hasil uji paired sample test diperoleh nilai signifikan (sig2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 itu artinya Ha diterima dan Ho ditolak maka kesimpulan nya ini terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada tema 1 subtema 1 keberagaman budaya bangsaku di SD Negeri 091522 Marubun.

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Hutagaol, E. ., Panjaitan, M. ., & Sitio, H. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Bangsaku di Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1283–1292. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8371

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2