Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5310Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh yaitu, sebanyak 21 siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan 19 siswa kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif menggunakan uji T. Berdasarkan hasil perhitungan uji T diperoleh nilai thitung ? ttabel yaitu 4,080 ? 1,686 dan nilai signifikan sebesar 0,000 (< 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha di terima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pop-up book terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai. Kata Kunci : Media Pop-Up Book, Keterampilan Berbicara, Media Pembelajaran.Downloads
Published
2022-07-09
How to Cite
Yunika, P. ., Imansyah, F. ., & Riyanti, H. . (2022). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 758–764. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5310
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Pela Yunika, Farizal Imansyah, Henni Riyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).