Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai

Authors

  • Pela Yunika UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Farizal Imansyah UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Henni Riyanti UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai. Jenis penelitian ini merupakan quasi eksperimental design dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai. Sampel penelitian diambil dengan teknik sampling jenuh yaitu, sebanyak 21 siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen dan 19 siswa kelas III B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif menggunakan uji T. Berdasarkan hasil perhitungan uji T diperoleh nilai thitung ? ttabel yaitu 4,080 ? 1,686 dan nilai signifikan sebesar 0,000 (< 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha di terima. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pop-up book terhadap keterampilan berbicara siswa kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai. Kata Kunci : Media Pop-Up Book, Keterampilan Berbicara, Media Pembelajaran.

Downloads

Published

2022-07-09

How to Cite

Yunika, P. ., Imansyah, F. ., & Riyanti, H. . (2022). Pengaruh Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas III SD Negeri 3 Tukak Sadai. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 758–764. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5310