The Application Of Contextual Teaching And Learning (Ctl) For Teaching Speaking To The Eight Grade Of Junior High School

Authors

  • Ayu Ardanty Syafa Sheilla University of Singaperbangsa Karawang
  • Maman Suryaman University of Singaperbangsa Karawang
  • Evi Karlina Ambarwati University of Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7988

Abstract

Penelitian ini melaporkan penerapan 7 komponen Contextual Teaching and Learning dalam pengajaran Berbicara oleh seorang guru di sebuah sekolah di Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menerapkan 7 komponen dalam metode CTL dalam mengajar Berbicara dan tanggapan guru terhadap penggunaan metode CTL dalam mengajar Berbicara. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana menerapkan 7 komponen CTL dalam pengajaran Berbicara. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dari observasi, wawancara dan angket. Temuan menjelaskan bahwa pengajaran berbicara menggunakan komponen metode CTL (konstruktivisme, inkuiri, menanya, komunitas belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian otentik) cukup efektif. Berdasarkan wawancara guru, penggunaan metode CTL dalam mengajar siswa memiliki beberapa keunggulan; (1) siswa diberi kesempatan untuk dapat maju sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa sehingga siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran; (2) Siswa dapat berpikir lebih kritis dan aktif terhadap materi pembelajaran; (3) Melatih siswa dalam bekerja sama dalam kerja kelompok. Berdasarkan temuan dan diskusi, direkomendasikan bahwa penggunaan metode CTL dapat menjadi cara yang baik untuk mengajar Berbicara.

Downloads

Published

2022-10-26

How to Cite

Sheilla, A. A. S. ., Suryaman, M. ., & Ambarwati, E. K. . (2022). The Application Of Contextual Teaching And Learning (Ctl) For Teaching Speaking To The Eight Grade Of Junior High School. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8102–8112. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7988