The Application Of Contextual Teaching And Learning (Ctl) For Teaching Speaking To The Eight Grade Of Junior High School
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7988Abstract
Penelitian ini melaporkan penerapan 7 komponen Contextual Teaching and Learning dalam pengajaran Berbicara oleh seorang guru di sebuah sekolah di Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru menerapkan 7 komponen dalam metode CTL dalam mengajar Berbicara dan tanggapan guru terhadap penggunaan metode CTL dalam mengajar Berbicara. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana menerapkan 7 komponen CTL dalam pengajaran Berbicara. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dari observasi, wawancara dan angket. Temuan menjelaskan bahwa pengajaran berbicara menggunakan komponen metode CTL (konstruktivisme, inkuiri, menanya, komunitas belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian otentik) cukup efektif. Berdasarkan wawancara guru, penggunaan metode CTL dalam mengajar siswa memiliki beberapa keunggulan; (1) siswa diberi kesempatan untuk dapat maju sesuai dengan potensi yang dimiliki siswa sehingga siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran; (2) Siswa dapat berpikir lebih kritis dan aktif terhadap materi pembelajaran; (3) Melatih siswa dalam bekerja sama dalam kerja kelompok. Berdasarkan temuan dan diskusi, direkomendasikan bahwa penggunaan metode CTL dapat menjadi cara yang baik untuk mengajar Berbicara.Downloads
Published
2022-10-26
How to Cite
Sheilla, A. A. S. ., Suryaman, M. ., & Ambarwati, E. K. . (2022). The Application Of Contextual Teaching And Learning (Ctl) For Teaching Speaking To The Eight Grade Of Junior High School. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8102–8112. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7988
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ayu Ardanty Syafa Sheilla, Maman Suryaman, Evi Karlina Ambarwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).