Students’ Perspective In Learning Writing Recount Text Using Instagram

Authors

  • Maman Suryaman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Abdul Kodir Al-Baekani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ika Rohaeni Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif siswa dalam menggunakan Instagram sebagai media menulis teks recount. Penelitian ini menggunakan metode inkuiri naratif dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti mengambil dua siswa kelas (IX) sebagai subjek. Peneliti menggunakan wawancara dan dokumentasi sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada yang kesulitan dalam menulis bahasa Inggris karena penguasaan kosakata yang kurang, penggunaan aplikasi instagram dalam pembelajaran teks recount memberikan rasa senang. dan kenyamanan bagi siswa, pembelajaran teks recount menggunakan media instagram memudahkan responden untuk mengekspresikan diri dan membagikannya kepada teman virtualnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permasalahan yang dihadapi siswa adalah masih adanya kesulitan dalam menulis bahasa Inggris. Disarankan kepada guru bahasa Inggris agar guru dapat menghafal kosakata berulang-ulang kepada siswa dan guru lebih kreatif lagi dalam meningkatkan metode pengajaran kosakata.

Downloads

Published

2022-10-27

How to Cite

Suryaman, M. ., Al-Baekani, A. K. ., & Rohaeni, I. . (2022). Students’ Perspective In Learning Writing Recount Text Using Instagram. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 8271–8280. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.8017