An Evaluation of English Textbook for Second Grade Elementary School
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13525Abstract
Buku teks merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar. Baik guru maupun siswa sebagian besar menggunakannya sebagai landasan pembelajaran di kelas dan menjadi sumber belajar yang efektif. Banyaknya penerbit buku yang memproduksi buku teks dalam berbagai format dan jenis berdasarkan implementasi kurikulum di Indonesia, menunjukkan pentingnya mengevaluasi buku teks apakah memenuhi standar materi pengajaran. Evaluasi buku teks merupakan bagian penting dalam kegiatan belajar mengajar karena penting dalam membantu guru agar lebih selektif dalam memilih buku teks untuk siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah buku ajar bahasa Inggris berjudul “Grow with English” buku 2 terbitan Erlangga memenuhi kriteria penilaian buku ajar. Diperhitungkan dan dikembangkan berdasarkan adaptasi kriteria evaluasi materi yang diajukan oleh BSNP dan teori Cunningsworth. Desain penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui evaluasi checklist. Temuan menunjukkan bahwa buku teks memenuhi hampir semua kriteria. Hal ini berarti buku teks tersebut dikategorikan baik. Ini dapat digunakan dalam proses belajar mengajar, namun dapat ditingkatkan.Downloads
Published
2023-04-09
How to Cite
Karuana, Y. R. ., & Ambarwati, E. K. . (2023). An Evaluation of English Textbook for Second Grade Elementary School. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3173–3186. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13525
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yona Rachma Karuana, Evi Karlina Ambarwati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









