An Evaluation Of English Textbook For Second Grade Elementary School
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11234Abstract
Buku pelajaran merupakan komponen penting dalam pengajaran dan biasa digunakan sebagai sumber atau media pembelajaran bagi guru. Namun, terkadang buku ajar yang digunakan guru tidak dapat dikatakan layak untuk mengajar karena buku ajar yang digunakan mungkin memuat materi yang tidak sesuai dengan tingkatan siswa yang dituju. Oleh karena itu, penting untuk mengevaluasi buku teks yang akan digunakan untuk pengajaran, sehingga guru dapat mengetahui apakah buku teks layak digunakan sebagai sumber atau media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi buku teks bahasa Inggris kelas II sekolah dasar yang berjudul “STAIRWAY a Fun and Easy English Book”. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Kriteria penilaian buku teks Ur (1996) digunakan untuk mengevaluasi buku teks. Penilaian buku teks memuat 18 kriteria yang meliputi aspek materi, penyajian materi, kebahasaan, dan aspek kegrafikaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar Bahasa Inggris berjudul “STAIRWAY a Fun and Easy English Book” untuk kelas II SD memenuhi relevansi 16 dari 18 kriteria.Downloads
Published
2023-01-10
How to Cite
Nugroho, G. A. T. A. ., & Ambarwati, E. K. . (2023). An Evaluation Of English Textbook For Second Grade Elementary School. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2393–2402. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11234
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Gani Arief Trie Adi Nugroho, Evi Karlina Ambarwati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).