An Evaluation Of English Textbook For Second Grade Elementary School

Authors

  • Gani Arief Trie Adi Nugroho Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Evi Karlina Ambarwati Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11234

Abstract

Buku pelajaran merupakan komponen penting dalam pengajaran dan biasa digunakan sebagai sumber atau media pembelajaran bagi guru. Namun, terkadang buku ajar yang digunakan guru tidak dapat dikatakan layak untuk mengajar karena buku ajar yang digunakan mungkin memuat materi yang tidak sesuai dengan tingkatan siswa yang dituju. Oleh karena itu, penting untuk mengevaluasi buku teks yang akan digunakan untuk pengajaran, sehingga guru dapat mengetahui apakah buku teks layak digunakan sebagai sumber atau media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi buku teks bahasa Inggris kelas II sekolah dasar yang berjudul “STAIRWAY a Fun and Easy English Book”. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Kriteria penilaian buku teks Ur (1996) digunakan untuk mengevaluasi buku teks. Penilaian buku teks memuat 18 kriteria yang meliputi aspek materi, penyajian materi, kebahasaan, dan aspek kegrafikaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar Bahasa Inggris berjudul “STAIRWAY a Fun and Easy English Book” untuk kelas II SD memenuhi relevansi 16 dari 18 kriteria.

Downloads

Published

2023-01-10

How to Cite

Nugroho, G. A. T. A. ., & Ambarwati, E. K. . (2023). An Evaluation Of English Textbook For Second Grade Elementary School. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2393–2402. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11234