Pengaruh Penggunaan Metode Active Learning terhadap Kemampuan Siswa Bermain Drama Kelas VIII SMP Negeri 31 Medan Tahun Ajaran 2021/2022

Authors

  • Ester Meisy Tarigan Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Pontas J. Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Kartini Bangun Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7215

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Kemampuan siswa bermain drama dengan menggunakan metode active learning, (2) Kemampuan siswa bermain drama tanpa menggunakan metode active learning, (3) Pengaruh penggunaan metode active learning terhadap kemampuan siswa bermain drama. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes prestasi belajar. Instrumen diuji menggunakan rumus rata-rata dan standar deviasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5% dan gain score. Hasil penelitian yang dilakukan maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengaruh dari penggunaan metode active learning terhadap kemampuan siswa bermain drama. Melalui metode ini, siswa dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Sedangkan metode ceramah lebih berpusat pada guru sebagai subjek pembelajaran dan siswa hanya sebagai pendengar bahkan siswa menimbulkan rasa bosan dalam pelajaran. Alasan guru menggunakan metode active learning supaya siswa diajak lebih aktif dan kreatif dari pada menggunakan metode ceramah dan 75% lebih meningkat.

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

Tarigan, E. M. ., Sitorus, P. J. ., & Bangun, K. . (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Active Learning terhadap Kemampuan Siswa Bermain Drama Kelas VIII SMP Negeri 31 Medan Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3780–3795. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7215

Most read articles by the same author(s)