Kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya”

Authors

  • Pontas J. Sitorus Universitas HKBP Nommensen
  • Eka Putri Saptari Wulan Universitas HKBP Nommensen
  • Jontor Nados Sihotang Universitas HKBP Nommensen
  • Hot Ria Situmorang Universitas HKBP Nommensen
  • Mutiara Amoy Sari Sitinjak Universitas HKBP Nommensen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12193

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan  mahasiswa dalam melaksanakan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Perubahan perkembangan pendidikan di era 4.0 menjadi konsep dalam Kampus Merdeka. Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan program pertukaran mahasiswa selama satu semester dari satu pulau ke pulaU lainnya guna memberikan pengalaman kebhinekaan dan sIstem alih kredit maksimal sebanyak maksimal 20 sks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kegiatan pertukaran mahasiswa dalam mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang terpilih di penempatan Universitan Gadjah Mada. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Penelitian tentang kegiatan pertukaran mahasiswa mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka yaitu: mahasiswa berkesempatan menjelajahi dan mengunjungi provinsi lain, mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di luar Perguruan tinggi asal, mahasiswa mampu menambah relasi, mahasiswa mampu mengenal dan memahami kebudayaan luar daerah, mahasiswa mampu meningkatkan kebhinekaan dan toleransi, serta mahasiswa mendapatkan konversi sks. Motivasi mahasiswa menjadi bagian dari terlaksananya dan suksesnya kegiatan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka selama ini.

Downloads

Published

2023-02-02

How to Cite

Sitorus, P. J. ., Wulan, E. P. S. ., Sihotang, J. N., Situmorang, H. R. ., & Sitinjak, M. A. S. . (2023). Kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2 “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya”. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5838–5842. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.12193

Most read articles by the same author(s)