Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Novel Semua Indah pada Waktunya Karya Eko Hartono dan Implikasinya dalam Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Rini Wana Lumban Gaol Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Pontas J. Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Sarma Panggabean Universitas HKBP Nommensen Medan
  • Nurhayati Sitorus Universitas HKBP Nommensen Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14246

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menganalisis maksim kesantunan berbahasa dalam Novel Semua Indah Pada Waktunya dan Implikasinya dalam pengembangan materi pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam prisip kesantunan mengandung enam buah maksim yaitu Maksim Kebijaksanaan, Maksim Kedermawanan, Maksim Penghargaan, Maksim Kesedehanaan, Maksim Permufakatan, dan Maksim Simpati.Serta Implikasinya dalam pengembangan materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Instrumen penelitian adalah penelitian itu sendiri. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata atau teks tuturan dalam novel Semua Indah Pada Waktunya dan implikasi pada pengembangan materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Sumber data yang diambil dari Novel Semua Indah Pada Waktunya yaitu keseluruhan data yang terkumpul dalam Novel Semua Indah Pada Waktunya karya Eko Hartono yaitu 35 tuturan. Implikasi nya pada materi pembelajaran di jenjang SMP dan SMA.

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Gaol, R. W. L. ., Sitorus, P. J. ., Panggabean, S. ., & Sitorus, N. . (2023). Analisis Kesantunan Berbahasa dalam Novel Semua Indah pada Waktunya Karya Eko Hartono dan Implikasinya dalam Pengembangan Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 4789–4797. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.14246

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>