Peningkatan Hasil Belajar Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Melalui Model Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas 5 SDN 3 Banyuputih

Authors

  • Mustaqfirin Soleh Universitas PGRI Semarang
  • Sumarno Sumarno Universitas PGRI Semarang
  • Kiswati Kiswati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7032

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 3 Banyuputih pada hasil observasi ketuntasan belajar peserta didik kelas 5 SD Negeri 3 Banyuputih pada muatan pembelajaran IPA terdapat 8 peserta didik atau 57,14% dari 14 peserta didik kelas 5 yang nilainya masih dibawah nilai KKM 70. Pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat 9 peserta didik atau 64,28% dari 14 peserta didik kelas 5 yang nilainya masih di bawah nilai KKM 70. Padahal target sekolah, peserta didik harus mencapai ketuntasan hasil belajar (KHB) adalah 80%, atau minimal 12 peserta didk yang harus tuntas. Hal ini disebabkan peserta didik sering memperhatikan peserta didik yang lainnya sehingga kurang fokus dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik terlihat pasif, peserta didik tidak aktif dalam bertanya atau menjawab. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas 5 SD Negeri 3 Banyuputih”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas 5 SD Negeri 3 Banyuputih Tahun Pelajaran 2022/2023”Subjek penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik Kelas V SD Negeri 3 Banyuputih yang berjumlah 14 peserta didik yang terdiri dari 9 peserta didik laki– laki dan 5 peserta didik perempuan. Adapun objek yang diteliti adalah hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata – rata nilai yang dicapai sebesar  65,71 dan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik 42,86%. Selanjutnya siklus II rata – rata nilai meningkat sebesar 75,71 dan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 78,57%. Berlanjut pada siklus III mengalami peningkatan pada  rata – rata nilai  92,14 dengan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik 100%. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di SD Negeri 3 Banyuputih Tahun Pelajaran 2022/2023.

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Soleh, M. ., Sumarno, S., & Kiswati, K. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Melalui Model Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas 5 SDN 3 Banyuputih. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2808–2820. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7032

Most read articles by the same author(s)