Peningkatan Hasil Belajar Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Melalui Model Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas 5 SDN 3 Banyuputih
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7032Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik kelas V di SD Negeri 3 Banyuputih pada hasil observasi ketuntasan belajar peserta didik kelas 5 SD Negeri 3 Banyuputih pada muatan pembelajaran IPA terdapat 8 peserta didik atau 57,14% dari 14 peserta didik kelas 5 yang nilainya masih dibawah nilai KKM 70. Pada muatan pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat 9 peserta didik atau 64,28% dari 14 peserta didik kelas 5 yang nilainya masih di bawah nilai KKM 70. Padahal target sekolah, peserta didik harus mencapai ketuntasan hasil belajar (KHB) adalah 80%, atau minimal 12 peserta didk yang harus tuntas. Hal ini disebabkan peserta didik sering memperhatikan peserta didik yang lainnya sehingga kurang fokus dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik terlihat pasif, peserta didik tidak aktif dalam bertanya atau menjawab. Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas 5 SD Negeri 3 Banyuputih”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas 5 SD Negeri 3 Banyuputih Tahun Pelajaran 2022/2023”Subjek penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik Kelas V SD Negeri 3 Banyuputih yang berjumlah 14 peserta didik yang terdiri dari 9 peserta didik laki– laki dan 5 peserta didik perempuan. Adapun objek yang diteliti adalah hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I dengan rata – rata nilai yang dicapai sebesar 65,71 dan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik 42,86%. Selanjutnya siklus II rata – rata nilai meningkat sebesar 75,71 dan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 78,57%. Berlanjut pada siklus III mengalami peningkatan pada rata – rata nilai 92,14 dengan presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik 100%. Kesimpulannya bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di SD Negeri 3 Banyuputih Tahun Pelajaran 2022/2023.Downloads
Published
2022-09-25
How to Cite
Soleh, M. ., Sumarno, S., & Kiswati, K. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Melalui Model Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas 5 SDN 3 Banyuputih. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2808–2820. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7032
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mustaqfirin Soleh, Sumarno, Kiswati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).