Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tema 1 Indahnya Keberagaman Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV Semester I SDN 1 Ngawen Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7036Abstract
Peneltian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar tematik siswa yang masih tergolong rendah, dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian pada pembelajaran tematik yaitu 50 dengan ketuntasan belajar klasikal 30%. Hal ini disebabkan karena guru belum menerapkan metode dan model pembelajaran yang inovatif sesuai kondisi dan karakteristik siswa sehingga siswa jenuh dan pasif dalam mengikuti pembelajaran, dan keterbatasan media yang mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar tematik siswa dan kualitatif untuk mengetahui aktivitas siswa dan keterampilan guru selama kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar tematik pada tiap siklusnya. Data hasil observasi Keterampilan guru pada siklus I mendapat skor sebanyak 31 termasuk kriteria baik. Sedangkan pada siklus II mendapat skor sebanyak 32 termasuk kriteria sangat baik dan pada siklus III mendapat skor sebanyak 35 termasuk kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pembelajaran Tema 1 Indahnya Keberagaman mendapat skor pada siklus I memperoleh skor 31,15 dengan rata-rata 3,11 dan masuk dalam kreteria baik. Dan hasil pada siklus II mendapat skor 35,51 dengan rata-rata 3,55 dan masuk dalam kreteria baik, sedangkan pada siklus III mendapat skor 37,51 dengan rata-rata 3,7 dan masuk dalam kreteria sangat baik. Sehingga dapat dikategorikan bahwa aktivitas siswa pada penelitian ini meningkat setiap siklusnya. Selain itu dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hasil belajar siswa pada pembelajaran Tema 1 Indahnya Keberagaman dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar kelas IV pada siklus I yaitu 67, pada siklus II yaitu 71, dan pada siklus III yaitu 86. Persentase siswa yang tuntas belajar pada siklus I hanya 15 siswa sebanyak 50%, pada siklus II yaitu 18 siswa sebanyak 60%, dan pada siklus III yaitu 30 siswa sebanyak 100% . Dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya. Selain itu dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
Published
2022-09-25
How to Cite
Aningsih, . N. A. ., Wijayanti, A. ., & Kiswati, K. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tema 1 Indahnya Keberagaman Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV Semester I SDN 1 Ngawen Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2847–2864. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7036
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurfitha Auliya Aningsih, Arfilia Wijayanti, Kiswati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).