Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tema 1 Indahnya Keberagaman Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV Semester I SDN 1 Ngawen Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Nurfitha Auliya Aningsih Universitas PGRI Semarang
  • Arfilia Wijayanti Universitas PGRI Semarang
  • Kiswati Kiswati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7036

Abstract

Peneltian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar tematik siswa yang masih tergolong rendah, dapat dilihat dari nilai rata-rata ulangan harian pada pembelajaran tematik yaitu 50 dengan ketuntasan belajar klasikal 30%. Hal ini disebabkan karena guru belum menerapkan metode dan model pembelajaran yang inovatif sesuai kondisi dan karakteristik siswa sehingga siswa jenuh dan pasif dalam mengikuti pembelajaran, dan keterbatasan media yang mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif untuk mengetahui hasil belajar tematik siswa dan kualitatif untuk mengetahui aktivitas siswa dan keterampilan guru selama kegiatan pembelajaran. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar tematik pada tiap siklusnya. Data hasil observasi Keterampilan guru pada siklus I  mendapat skor sebanyak 31 termasuk kriteria baik. Sedangkan pada siklus II  mendapat skor sebanyak 32 termasuk kriteria sangat baik dan pada siklus III  mendapat skor sebanyak 35 termasuk kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pembelajaran Tema 1 Indahnya Keberagaman mendapat skor pada siklus I  memperoleh skor 31,15 dengan rata-rata 3,11 dan masuk dalam  kreteria baik. Dan hasil pada siklus II  mendapat skor 35,51 dengan rata-rata 3,55 dan masuk dalam  kreteria baik, sedangkan pada siklus III  mendapat skor 37,51 dengan rata-rata 3,7 dan masuk dalam  kreteria sangat baik. Sehingga dapat dikategorikan bahwa aktivitas siswa pada penelitian ini meningkat setiap siklusnya. Selain itu dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas siswa. Hasil belajar siswa pada pembelajaran Tema 1 Indahnya Keberagaman dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar kelas IV pada siklus I yaitu 67, pada siklus II yaitu 71, dan pada siklus III yaitu 86. Persentase siswa yang tuntas belajar pada siklus I hanya 15 siswa sebanyak 50%, pada siklus II yaitu 18 siswa sebanyak 60%, dan pada siklus III yaitu 30 siswa sebanyak 100% . Dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar siswa meningkat setiap siklusnya. Selain itu dapat disimpulkan bahwa Model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Aningsih, . N. A. ., Wijayanti, A. ., & Kiswati, K. (2022). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tema 1 Indahnya Keberagaman Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas IV Semester I SDN 1 Ngawen Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2847–2864. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7036