Analisis Kemampuan Mengenal Lambang Pancasila Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pelita Mekar

Authors

  • Ratih Resti Pauji UPI TASIIKMALAYA
  • Heri Yusuf Muslihin Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Sima Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7003

Abstract

Pendidikan harus dimulai sejak anak usia dini.  Pendidikan dari sejak  dini sangat penting, karena pada saat inilah anak mengalami proses tumbuh kembang yang sangat pesat. Tentunya untuk mengoptimalkan dan membantu proses tumbuh kembang anak diperlukan stimulus yang tepat dari orang di sekitar anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mengenal lambang pancasila pada anak usia 5-6 tahun di TK Pelita Mekar. Jenis penelitiannya adalah kualitatif. Subjek penelitiannya adalah anak-anak dengan usia 5 sampai 6 tahun di TK Pelita Mekar. Adapun teknik pengumpulan datanya peneliti menggunakan teknik  observasi. Observasi ini yaitu peneliti melakukan pengamatan secara langsung pada saat proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal lambang pancasila di TK Pelita Mekar belum optimal dan berada pada kategori MB (Mulai Berkembang) dengan skor 2 dari setiap pertanyaan. Salah satu faktornya adalah kurang menariknya cara penyampaian pembelajaran sehingga anak mudah bosan dan kurang memahami terkait materi yang disampaikan.

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Pauji, R. R., Muslihin, H. Y. ., & Mulyadi, S. . (2022). Analisis Kemampuan Mengenal Lambang Pancasila Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Pelita Mekar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 3227–3231. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7003