Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Aktivitas Finger Painting
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5776Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya anak yang memiliki keterlambatanperkembangan pisik motorik karena adanya gangguan pada system syaraf dan memiliki kerusakan pada otot-otot kecil yang mengakibatkan kekakuan pada pergerakan. Subjek penelitian ini adalah anak berjenis kelamin laki-laki berusia 6 tahun di kober Al-Barokah yang mengalami kesulitan dalam keterampilan motorik halus seperti menulis, memegang benda, membuka tutup jari jemari tangan, mengoles dengan rapih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah finger painting dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian subjek tungal / Single subject Researc (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil analisis data yang dilakukan selama kurang lebih satu bulan dengan perolehan data pada setiap fase, baseline-1(A-1) yaitu kondisi awal kemampuan motorik halus anak mendapatkan persentase sebesar 46,2% pada kondisi B anak diberikan perlakuan melakui finger painting memperoleh hasil 63,9 % pada kondisi baseline-2 (A2) setelah pemberian tritmen memperoleh hasil 85,3% dari perolehan nilai persentase penelitian tersebut bahwa menggunakan finger painting dapat meningkatkan motorik halus anak.Downloads
Published
2022-08-01
How to Cite
Sumardi, . S., Mulyadi, S. ., & Sopa, A. R. . (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Aktivitas Finger Painting. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2301–2305. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5776
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sumardi, Sima Mulyadi, Anisa Rosidah Sopa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).