Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Aktivitas Finger Painting

Authors

  • Sumardi Sumardi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Sima Mulyadi Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Anisa Rosidah Sopa Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5776

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya anak yang memiliki keterlambatanperkembangan  pisik motorik karena adanya gangguan pada system syaraf dan memiliki kerusakan pada otot-otot kecil yang mengakibatkan kekakuan pada pergerakan. Subjek penelitian ini adalah anak berjenis  kelamin laki-laki berusia 6 tahun di kober Al-Barokah yang mengalami kesulitan dalam  keterampilan motorik halus seperti menulis, memegang benda, membuka tutup jari jemari tangan, mengoles dengan rapih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah finger painting dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian subjek tungal / Single subject Researc (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil analisis data yang dilakukan selama kurang lebih satu bulan dengan perolehan data pada setiap fase, baseline-1(A-1) yaitu kondisi awal kemampuan motorik halus anak mendapatkan persentase sebesar  46,2% pada kondisi B anak  diberikan perlakuan melakui finger painting memperoleh hasil 63,9 % pada kondisi baseline-2 (A2) setelah pemberian tritmen memperoleh hasil 85,3% dari perolehan nilai persentase penelitian tersebut bahwa menggunakan finger painting dapat  meningkatkan motorik halus anak.

Downloads

Published

2022-08-01

How to Cite

Sumardi, . S., Mulyadi, S. ., & Sopa, A. R. . (2022). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Aktivitas Finger Painting. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2301–2305. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5776