Analisis Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Masoem Kabupaten Tasikmalaya

Authors

  • Risbon Sianturi UPI Kampus Tasikmalaya
  • Sima Mulyadi UPI Kampus Tasikmalaya
  • Winda Febrianti Millenia UPI Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5747

Abstract

Bagi anak usia dini penting untuk berlatih menggunakan otot-otot besar dalam kegiatan motorik halus karena penundaan pengembangan koordinasi motorik kasar mungkin berdampak negatif terhadap perkembangan motorik halus anak maka guru sebaiknya mendorong anak terlibat dalam semua jenis kegiatan manipulatif sehingga mereka bisa belajar menerapkan kemampuan yang diperlukan untuk menggunakan tangan dan jemari dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun di RA Al-Masoem Kabupaten Tasikmalaya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan hasil pengolahan data deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi anak secara langsung juga dengan wawancara kepada guru. Kenyataan yang terjadi masih terdapat enam anak dari partisipan empat belas yang kemampuan perkembangan motorik halusnya rendah. Disebabkan oleh banyak faktor diantaranya pembelajaran yang monoton, metode pembelajaran kurang menarik seta kegiatan yang kurang mendukung aspek-aspek perkembangan motorik halus anak. Aspek perkembangan yang masih rendah berkaitan dengan ketangkasan dan penggunaan jari tangan, kelenturan pergelangan tangan dan koordinasi mata dan tangan. Anak masih memerlukan bimbingan dan latihan secara rutin baik dari guru maupun orang tua agar kemampuan motorik halus anak berkembang secara optimal.

Downloads

Published

2022-07-30

How to Cite

Sianturi, . R. ., Mulyadi, S. ., & Millenia, W. F. . (2022). Analisis Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Masoem Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2234–2238. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5747