Analisis Penggunaan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5414Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media loose parts untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan TK IT Pelopor Al-Munawwar. Dengan menggunakan Teknik Pepngumpulan data observasi kepada anak dan wawancara kepada guru kelompok A. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat beberapa anak yang memiliki perkembangan motorik kasar yang lemah, hal ini terlihat dari kurangnya kemampuan anak dalam kelincahan, kelenturan, keseimbangan, dan perkembangan otot kaki. Menurut guru kelas, solusi dari permasalahan tersebut ialah dengan menggunakan media loose parts. Namun dalam penggunaannya, pendidik harus mampu menata lingkungan sebaik mungkin agar dapat memunculkan daya tarik anak dan memberikan kegiatan yang menyenangkan serta bervariatif agar anak tidak merasa bosan. Biasanya media loose parts digunakan sebelum kegiatan pembelajaran. Kesimpulannya, salah satu media yang memudahkan dalam merangsang kemampuan motorik kasar anak agar optimal ialah media loose parts. Namun peran pendidik juga sangat penting dalam penggunaan media tersebut agar anak tertarik, tidak merasa bosan, dan mampu mengikuti intruksi yang diberikan, serta berperan aktif dalam melakukan kegiatan. Hal tersebut dikarenakan anak usia dini membutuhkan bimbingan dari orang dewasa. Orang dewasa harus memahami bahwa setiap anak mempunyai karakateristik yang berbeda-beda dalam setiap perkembanganya.Downloads
Published
2022-07-17
How to Cite
Dea Indriani, Muslihin, H. Y. ., & Rahman, T. . (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Parts untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1180–1187. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5414
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Dea Indriani, Heri Yusuf Muslihin, Taopik Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).