Analisis Kesulitan Belajar dalam Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6968Abstract
Nur Azizah, 18.86.206.076. “Analisis Kesulitan Belajar Dalam Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Kelas IV Di MI Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Tangerang 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar yang dialami siswa dalam pembelajaran IPA. Subyek penelitian yang diambil adalah siswa kelas IV B, dan Guru atau wali kelas pada kelas IV sebagai penambah informasi data di MI Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Analisis data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengetahui kondisi subjek saat kegiatan belajar IPA dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi proses belajar IPA. Metode wawancara dilakukan untuk mengetahui secara jelas permasalahan yang dihadapi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran IPA serta upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar pada siswa dan Metode dokumentasi digunakan sebagai bukti pelengkap berlangsungnya penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masih terdapat siswa yang merasa kesulitan dalam belajar IPA disebabkan oleh banyaknya faktor penyebab diantaranya adalah faktor internal dan juga eksternal, diketahui siswa masih belum memahami materi pelajaran yang dijelaskan oleh guru, dikarenakan pembelajaran yang monoton sehingga menimbulkan kejenuhan dan kebosanan pada diri siswa oleh karena itu diharapkan upaya guru dalam membentuk pola pengajaran IPA tidak semata-mata ditunjukkan pada keterampilan siswa dalam menyelesaika soal. Namun yang lebih penting adalah bagaimana cara mengajak siswa untuk memahami dan mengerti serta menguasai konsep-konsep yang ada secara baik dan benar, sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam belajar IPA.Downloads
Published
2022-09-20
How to Cite
Azizah, N. ., Zamroni, M., & Ginanjar, R. R. . (2022). Analisis Kesulitan Belajar dalam Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2419–2425. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6968
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nur Azizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).