Model Pembelajaran Small Group Discussion dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI

Authors

  • Nur Azizah SDN Ciranjang 02

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6143

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran Small Group Discussion dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sekunder yang dikumpulkan melalui metode studi pustaka. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Hasil dari peneltiian ini adalah model pembelajaran small group discussion adalah proses pembelajaran dengan melakukan diskusi kelompok kecil tujuannya agar peserta didik memiliki ketrampilan memecahkan masalah terkait materi pokok dan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Keberhasilan model pembelajaran small group discussion tidak terlepas dari peran aktif masing-masing peserta didik saat berdiskusi ketika proses pembelajaran dan peranan guru sebagai pasilitator, motivator dan evaluator.

Downloads

Published

2022-08-18

How to Cite

Azizah, N. . (2022). Model Pembelajaran Small Group Discussion dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4235–4242. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6143