Model Pembelajaran Small Group Discussion dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6143Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran Small Group Discussion dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sekunder yang dikumpulkan melalui metode studi pustaka. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Hasil dari peneltiian ini adalah model pembelajaran small group discussion adalah proses pembelajaran dengan melakukan diskusi kelompok kecil tujuannya agar peserta didik memiliki ketrampilan memecahkan masalah terkait materi pokok dan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Keberhasilan model pembelajaran small group discussion tidak terlepas dari peran aktif masing-masing peserta didik saat berdiskusi ketika proses pembelajaran dan peranan guru sebagai pasilitator, motivator dan evaluator.Downloads
Published
2022-08-18
How to Cite
Azizah, N. . (2022). Model Pembelajaran Small Group Discussion dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4235–4242. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6143
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nur Azizah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).