Inovasi Metode Pembelajaran PAI di Era Disrupsi (Studi Multi Kasus di Mts. Darul Ilmi Putri Hijau dan SMPN 23 Bengkulu Utara)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6880Abstract
Dalam tulisan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang inovasi metode pembelajaran PAI di Era disrupsi. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini ialah kualitatif, jenis penelitiannya lapangan. Dalam memperoleh data, peneliti memakai data primer dan data sekunder, dan mengumpulkannya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah inovasi yang dapat dilakukan oleh pendidik dalam pembelajaran PAI yaitu metode bermain peran/role playing dan demonstrasi dengan jenis model pembelajaran kooperatif dan berbasis proyek. Tentunya model dan metode ini, didukung dengan memanfaatkan teknologi yang ada sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, mendorong kemampuan kreatif dan inovatif peserta didik, meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, membuat peserta didik menjadi lebih aktif, meningkatkan kolaborasi, dan berhasil memecahkan problem-problem yang komplek, dan membuat suasana belajar menjadi menyenangkan, sehingga peserta didik maupun pendidik menikmati proses pembelajaran. Dan yang terpenting adalah melalui inovasi yang melibatkan peserta didik secara utuh untuk belajar di atas, diharapkan peserta didik mengambil informasi dan menunjukkan pengetahuan yang dimiliki, kemudian dapat mengimplementasikannya dalam dunia nyata, sehingga siap menghadapi dunia yang sesungguhnya dan menjadi benteng/ kontrol diri bagi peserta didik di era disrupsi ini.Downloads
Published
2022-09-17
How to Cite
Pane, . M. ., Refriana, I. ., & Amin, A. . (2022). Inovasi Metode Pembelajaran PAI di Era Disrupsi (Studi Multi Kasus di Mts. Darul Ilmi Putri Hijau dan SMPN 23 Bengkulu Utara). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1905–1911. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6880
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mardiani Pane, Isna Refriana, Alfauzan Amin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).