Pengembangan Media Booklet Sejarah Pada Materi Pembentukan Pemerintahan Republik Indonesia Sebagai Bentuk Variasi Media Pembelajaran Sejarah Di SMAN 1 Enok

Authors

  • M. Ridwan Universitas Riau
  • Bedriati Ibrahim Universitas Riau
  • Asril Asril Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6841

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa booklet dengan materi pembentukan pemerintahan republik Indonesia sebagai bentuk variasi media pembelajaran sejarah di SMAN 1 Enok. Untuk dapat mengetahui kelayakan dari pengembangan media booklet ini diketahui berdasarkan kepada penilaian dari ahli media dan materi serta respon penilaian yang diberikan oleh siswa dan siswi terhadap media booklet yang diberikan. Pengembangan media booklet ini menggunakan model pengembangan Sugiyono. Model pengembangan ini terdiri dari sembilan Langkah utama, yaitu, potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, dan produk final. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMAN 1 Enok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, FGD dan lembar validasi. Untuk mengetahui kondisi pembelajaran di SMAN 1 Enok menggunakan media observasi, wawancara dan FGD, setelah mengetahui letak permasalahan kondisi pembelajaran sejarah yaitu kurangnya variasi media pembelajaran. Selanjutnya melakukan perancangan media booklet. Media pembelajaran booklet dinyatakan layak sebagai media pembelajaran dengan hasil validasi ahli media sebesar 79,2%, dan validasi ahli materi sebesar 79,41%. Setelah  mendapatkan validasi dan masukan dari ahli media dan materi selanjutnya melakukan perbaikan atau revisi, pada tahap setelah melakukan revisiselanjutnya mendapatkan hasil validasi dari ahli media sebesar 91,7% dan ahli materi sebesar 87,5% serta penilaian peserta didik pada ujicoba kelompok kecil sebesar 94,75% dan ujicoba kelompok besar sebesar 91,6%. Dapat disimpulkan bahwa perancangan media booklet sejarah sebagai variasi media pembelajaran  dinyatakan layak sebagai media pembelajaran alternatif di SMAN 1 Enok.

Downloads

Published

2022-09-15

How to Cite

Ridwan, . M., Ibrahim, . B., & Asril, A. (2022). Pengembangan Media Booklet Sejarah Pada Materi Pembentukan Pemerintahan Republik Indonesia Sebagai Bentuk Variasi Media Pembelajaran Sejarah Di SMAN 1 Enok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1677–1684. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6841

Most read articles by the same author(s)