Pengembangan Media Booklet Sejarah Pada Materi Pembentukan Pemerintahan Republik Indonesia Sebagai Bentuk Variasi Media Pembelajaran Sejarah Di SMAN 1 Enok
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6841Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa booklet dengan materi pembentukan pemerintahan republik Indonesia sebagai bentuk variasi media pembelajaran sejarah di SMAN 1 Enok. Untuk dapat mengetahui kelayakan dari pengembangan media booklet ini diketahui berdasarkan kepada penilaian dari ahli media dan materi serta respon penilaian yang diberikan oleh siswa dan siswi terhadap media booklet yang diberikan. Pengembangan media booklet ini menggunakan model pengembangan Sugiyono. Model pengembangan ini terdiri dari sembilan Langkah utama, yaitu, potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, dan produk final. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMAN 1 Enok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, observasi, FGD dan lembar validasi. Untuk mengetahui kondisi pembelajaran di SMAN 1 Enok menggunakan media observasi, wawancara dan FGD, setelah mengetahui letak permasalahan kondisi pembelajaran sejarah yaitu kurangnya variasi media pembelajaran. Selanjutnya melakukan perancangan media booklet. Media pembelajaran booklet dinyatakan layak sebagai media pembelajaran dengan hasil validasi ahli media sebesar 79,2%, dan validasi ahli materi sebesar 79,41%. Setelah mendapatkan validasi dan masukan dari ahli media dan materi selanjutnya melakukan perbaikan atau revisi, pada tahap setelah melakukan revisiselanjutnya mendapatkan hasil validasi dari ahli media sebesar 91,7% dan ahli materi sebesar 87,5% serta penilaian peserta didik pada ujicoba kelompok kecil sebesar 94,75% dan ujicoba kelompok besar sebesar 91,6%. Dapat disimpulkan bahwa perancangan media booklet sejarah sebagai variasi media pembelajaran dinyatakan layak sebagai media pembelajaran alternatif di SMAN 1 Enok.Downloads
Published
2022-09-15
How to Cite
Ridwan, . M., Ibrahim, . B., & Asril, A. (2022). Pengembangan Media Booklet Sejarah Pada Materi Pembentukan Pemerintahan Republik Indonesia Sebagai Bentuk Variasi Media Pembelajaran Sejarah Di SMAN 1 Enok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1677–1684. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6841
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 M.Ridwan, Bedriati Ibrahim, Asril
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).