Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X-2 Di MAS Darul Funun El - Abbasiyah Padang Japang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5016Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik di kelas X-2 MAS Darul Funun El-Abbasiyah pada mata pelajaran sejarah masih dilakukan dengan cara konvensional, dalam proses pembelajaran guru hanya menukar pengetahuan dan memberi informasi secara lisan dimana pada saat proses pembelajaran yang aktif hanyalah guru, sedangkan peserta didik hanya pasif mencatat dan mendengarkan sehingga aktivitas peserta didik kurang terlihat sehingga cara ini dirasa kurang menarik perhatian peserta didik dan menimbulkan rasa bosan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar pada pelajaran sejarah di kelas X-2 MAS Darul Funun El-Abbasiyah Padang Japang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu, suatu penelitian yang dilakukan di kelas dengan cara mengamati dan melakukan tindakan-tindakan terencana kemudian direfleksi untuk mengetahui pengaruhnya guna perbaikan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada observasi siklus I skor aktivitas peserta didik adalah 49,3 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 62,2. Hal ini membuktikan bahwa adanya peningkatan skor aktivitas peserta didik dari siklus I dan siklus II sebesar 12,9. Aktivitas guru pada siklus I diperoleh nilai yaitu 66,6% dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 83,3% dengan kriteria baik. Sedangkan untuk hasil belajar pada post test siklus I rata-rata ketuntasan yang diperoleh yaitu 35% sebanyak 7 peserta didik yang melebihi KKM yang telah ditentukan, pada siklus II rata-rata ketuntasan post test adalah 85% sebanyak 17 peserta didik yang mencapai KKM. Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan presentase dari siklus I dan Siklus II yaitu sebesar 50%.Downloads
Published
2022-06-27
How to Cite
Pratama, Y. E. ., Ibrahim, B., & Asril, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X-2 Di MAS Darul Funun El - Abbasiyah Padang Japang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2055–2060. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5016
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yodhi Edya Pratama, Bedriati Ibrahim, Asril
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).