Penerapan Model Pembelajaran Listening Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Dayun

Authors

  • Irnandianis Ika Pratiwi UNRI
  • Bedriati Ibrahim UNRI
  • Asril Asril UNRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4707

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Dayun disebabkan karena guru hanya sekedar menyampaikan materi pembelajaran tanpa adanya model pembelajaran yang efektif sehingga siswa kurang aktif saat mengikuti proses pembelajaran dan pada akhirnya mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas belajar siswa,serta hasil belajar setelah menggunakan model pembelajaran Listening Team di Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Dayun. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu, penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan di dalam kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada observasi siklus I nilai aktivitas siswa adalah 58 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 83. Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan nilai aktivitas belajar siswa dari siklus I dan siklus II yaitu 25. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai sebesar 62,5% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 85,7 % dengan kiteria baik. Sedangkan untuk hasil belajar pada post test siklus I rata-rata ketuntasan diperoleh yaitu 59% yang melebihi KKM yang telah ditentukan, pada siklus II rata-rata ketuntasan posttest adalah 90% siswa nilai nya yang melebihi KKM. Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan persentase dari siklus I dan siklus II yaitu 31%.

Downloads

Published

2022-06-15

How to Cite

Pratiwi, . I. I., Ibrahim, B. ., & Asril, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Listening Team Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Dayun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1087–1096. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4707

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>