Penggunaan Media Website Pada Mata Pelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS 1 SMAN 2 Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4746Abstract
Rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Rambah Hilir disebabkan karena guru hanya sekedar menyampaikan materi pembelajaran tanpa adanya media pembelajaran yang tepat sehingga siswa kurang berpartisipasi dan aktif saat mengikuti proses pembelajaran yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa saat menggunakan media website terhadap hasil pembelajaran sejarah di kelas XII IPS 1 SMA Negeri 2 Rambah Hilir. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu, penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan di dalam kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas oleh guru kepada siswa secara sistematis, objektif dan reflektif dalam menghadapi masalah atau problem di kelas. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pada observasi siklus I nilai aktivitas siswa adalah 83,4 dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 93. Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan nilai aktivitas belajar siswa dari siklus I dan siklus II sebanyak 9,5. Aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai sebesar 66,6% (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 81,5 % dengan kiteria baik. Sedangkan untuk hasil belajar pada post test siklus I rata-rata ketuntasan diperoleh 61,7% dengan sebanyak 21 siswa melebihi KKM yang telah ditentukan, pada sisklus II rata-rata ketuntasan post test adalah 88,2% dengan sebanyak 30 siswa melebihi KKM. Dalam hal ini dapat dibuktikan bahwa adanya peningkatan persentase dari siklus I dan siklus II yaitu sebanyak 26,5%.Downloads
Published
2022-06-17
How to Cite
Ariyanto, D. ., Isjoni, I., & Asril, A. (2022). Penggunaan Media Website Pada Mata Pelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS 1 SMAN 2 Rambah Hilir, Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1172–1181. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4746
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Diky Ariyanto, Isjoni, Asril
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).