Pengembangan Alat Permainan Edukatif Papan Aktivitas sebagai Stimulus Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6688Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara umum tentang pengembangan alat permainan edukatif papan aktivitas sebagai stimulus kemampuan mengenal huruf anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan pendekatan Mix Methode model ADDIE. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari 1) pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, 4) Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk pengembangan alat permainan edukatif dalam penggunaan nya secara umum sudah layak, hal tersebut dibuktikan melalui tahap analisis kebutuhan pengembangan, validasi rancangan umum, validasi produk, uji coba sampai tahap evaluasi yang dilakukan. namun dengan dilakukan perbaikan-perbaikan yang diberikan oleh validator pada tahap sebelum dan sesudah uji coba. Hasil dari tahap analisis ini dijadikan sebagai bahan pertimbangan pengembangan produk. Kemudia untuk rancangan umum dibuat sebagai acuan dalam pengembangan produk yang akan dibuat dalam bentuk visualisasinya di tahap pengembangan. Tahap pengembangan ini dilakukan sampai tahap validasi produk yang di kembangkan. Selanjutnya melaksanakan tahap uji coba, untuk mencari tahu apakah produk tersebut efektif atau tidak. Terakhir tahap evaluasi yang dilakukan kepada guru kelompok B, untuk memberikan penilaiannya setelah melihat uji coba produk.Downloads
Published
2022-09-09
How to Cite
Juliandini, . A. I. ., Rahman, T. ., & Respati, . R. . (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Papan Aktivitas sebagai Stimulus Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 783–789. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6688
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Anggita Isma Juliandini, Taopik Rahman, Resa Respati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).