Elaborasi Instrumen Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5870Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan mengenai orang tua dan pendidik pada umumnya belum optimal dan komperhensif mengetahui informasi tumbuh serta jarang tersedianya instrument yang diperlukan untuk itu oleh karena itu diperlukan instrument yang tepat dan mudah digunakan oleh orang tua dan pendidik untuk memperoleh informasi tumbuh kembang anak usia 4-5 tahun. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat pencapaian perkembangan anak usia 4-5 tahun berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) dan melakukan deteksi dini perkembangan kognitif pada anak dengan membuat sebuah instrumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek tiga orang tua yang memiliki anak usia 4-5 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, pengisian instrument serta respon angket terhadap penggunaan instrumen. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian standar pencapaian perkembangan kognitif dari ketiga subjek menunjukkan semuanya Berkembang Sangat Baik sesuai dengan usianya.Downloads
Published
2022-08-06
How to Cite
Mulyana, E. H. ., Rahman, T. ., & Nur Alfioni, L. (2022). Elaborasi Instrumen Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2669–2676. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5870
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lusi Nur Alfioni, Edi Hendri Mulyana, Taopik Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).