Elaborasi Instrumen Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Edi Hendri Mulyana Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Taopik Rahman Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Lusi Nur Alfioni UPI Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5870

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan mengenai orang tua dan pendidik pada umumnya belum optimal dan komperhensif mengetahui informasi tumbuh serta jarang tersedianya instrument yang diperlukan untuk itu oleh karena itu diperlukan instrument yang tepat dan mudah digunakan oleh orang tua dan pendidik untuk memperoleh informasi tumbuh kembang anak usia 4-5 tahun. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mendeskripsikan tingkat pencapaian perkembangan anak usia 4-5 tahun berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) dan melakukan deteksi dini perkembangan kognitif pada anak dengan membuat sebuah instrumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek tiga orang tua yang memiliki anak usia 4-5 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, pengisian instrument serta respon angket terhadap penggunaan instrumen. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian standar pencapaian perkembangan kognitif dari ketiga subjek menunjukkan semuanya Berkembang Sangat Baik sesuai dengan usianya.

Downloads

Published

2022-08-06

How to Cite

Mulyana, E. H. ., Rahman, T. ., & Nur Alfioni, L. (2022). Elaborasi Instrumen Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2669–2676. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5870

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>