Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bilangan Pecahan di Kelas VII SMPI Nurul Hidayah Kuripan Kabupaten Probolinggo

Authors

  • Nurhayati Nurhayati STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Zeinul Arifin STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Ratna Damayanti STAI Muhammadiyah Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6537

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bilangan pecahan pada siswa kelas VII SMPI Nurul Hidayah Kuripan dengan menerapkan teori Bruner, dimana isi teori Bruner adalah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan (1) tahap enaktif; pembelajaran dengan menggunakan benda-benda konkret atau situasi nyata, (2) tahap ikonik; dipresentasikan dalam bentuk bayangan visual atau gambar dan (3) tahap simbolik; menuliskan simbol-simbol yang berkaitan dengan bilangan pecahan, yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga membuat siswa berperan aktif dalam pembelajaran. Desain penelitian ini mengikuti model Kurt Lewin dengan subyek penelitian 8 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan materi bilangan pecahan, masing-masing siklus meliputi 4 tahap: (i) perencanaan (planning) (ii) aksi atau tindakan (acting) (iii) observasi (observing) dan (iv) refleksi (reflecting). Penerapan teori Bruner melalui tahap enaktif, ikonik dan simbolik dapat meningkatkan hasil belajar bilangan pecahan siswa kelas VII. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil belajar siswa, untuk ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 75,83% dan pada siklus II sebesar  85%. Sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 93,33% berada pada kategori sangat baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase sebesar 96% berada pada kategori sangat baik. Untuk aktivitas siswa pada siklus I diperoleh rata-rata persentase sebesar 82,67% dengan kategori baik dan pada siklus II diperoleh rata-rata persentase sebesar 92% berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, berarti penerapan teori Bruner dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran bilangan pecahan di kelas VII SMPI Nurul Hidayah Kuripan.

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Nurhayati, N., Arifin, Z. ., & Damayanti, R. . (2022). Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bilangan Pecahan di Kelas VII SMPI Nurul Hidayah Kuripan Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 1–7. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.6537