Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan

Authors

  • Fajar Sri Utami Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Mudofir Mudofir Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Supriyanto Supriyanto UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6221

Abstract

Di era yang serba cepat dengan memanfaatkan media sosial, lembaga pendidikan memiliki tantangan yang baru dalam upaya memasarkan lembaga pendidikannya dengan menyesuaikan perubahan zaman digital ini, dengan memanfaatkan media sosial diharapkan mampu untuk meningkatkan citra sekolah dan sebagai promosi yang mudah dan cepat untuk sampai kepada masyarakat. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui manajemen strategi pemasaran dalam meningkatkan eksistensi dan citra lembaga pendidikan . Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pemasaran  menggunakan model  serta menggunakan bauran pemasaran yang dilakukan yaitu melalui sosial media cetak baliho dan brosur, juga memanfaatkan media digital Instagram, Youtube. Model pemasaran eksternal yang dilakukan dengan media sosial pemasaran internal melalui pemberdayaan, pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan.

Downloads

Published

2022-08-22

How to Cite

Utami, F. S. ., Mudofir, M., & Supriyanto, S. (2022). Manajemen Strategi Pemasaran Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 4746–4751. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6221