Pemetaan Permasalahan Penggunaan Aplikasi E-RKAM di MTSN 15 Boyolali Tahun Anggaran 2021
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13700Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran dan pemetaan permasalahan dalam penggunaan aplikasi e-RKAM di MTsN 15 Boyolali pada tahun anggaran 2021. Sedangkan metode penelitian yang digunakan dalam riset kali ini adalah metode penelitian kualitatif, Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif, dengan lebih spesifik penelitian study kasus di MTsN 15 Boyolali. Penelitian deskriptif kualitatif adalah seseuai dengan namamya yaitu memberikan gambaran apa adanya seolah-olah penulis memotret fakta yang ada di lapangan dengan kata-kata/kalimat. Sebisa mungkin fakta-fakta ini bebas dari bias interpretasi penulis, hanya fakta murni yang diungkapkan apa adanya secara faktual dan akurat. Sedang kenapa study kasus karena penulis tertarik dengan kasus ini, penulis anggap kasus ini adalah kasus yang menarik, temuan awal penulis adalah sudah diberikan pelatihan namun tidak menggunakan aplikasi yang dilatihkan tersebut. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk menggali informasi digunakan observasi, wawancara dan study dokumen. Analisis data menggunakan teknik: Data Reduction (Redaksi Data). Data Dispay (Penyajian Data), Conclusion Drawing/ Verification. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kendala SDM dalam Penggunaan aplikasi e-RKAM di MTsN 15 Boyolali tidak dapat berjalan maksimal bahkan bisa dikatakan masih belum digunakan. Kurangnya tenaga tata usaha di MTsN 15 Boyolali perlu segera mendapatkan tenaga ASN tambahan entah berstatus PNS ataupun PPPK. Sedangkan menurut Analisa penulis permasalahan yang dapat dicarikan penyelesaiannya secara jangka pendek adalah dengan melakukan diklat/bimtek ulang terhadap pegawai yang menguasai IT agar bisa menjalankan dan menggunakan aplikasi e-RKAM dengan baik, namun hal ini juga beresiko tidak maksimalnya pekerjaan yang akan dilakukan karena beban kerja yang akan semakin berat bagi pegawai tersebut (yang menguasai ICT/IT) yang sudah sangat banyak memegang aplikasi baik aplikasi-aplikasi perbendaharaan, aplikasi-aplikasi BMN (barang milik negara) serta aplikasi-aplikasi Ortala (organisasi dan tata laksana).Downloads
Published
2023-04-09
How to Cite
Banuwarlan, S. E. ., Giyoto, G., & Supriyanto, S. (2023). Pemetaan Permasalahan Penggunaan Aplikasi E-RKAM di MTSN 15 Boyolali Tahun Anggaran 2021. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 3197–3203. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.13700
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Susetyo Eko Banuwarlan, Giyoto Giyoto, Supriyanto Supriyanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).