Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Menghadapi Pendidikan Era Global (Studi di Pondok Pesantren Darul Amal Karanganyar)

Authors

  • Yanto Yanto Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Supriyanto Supriyanto Pascasarjana UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12954

Abstract

Professional seorang guru dalam menghadapi pendidikan di era global tidak hanya melaksanakan pembelajarandi kelas, melainkan mendidik, mengasuh, membimbing, dan membentuk kepribadian peserta didik yang memiliki kemampuan mempersiapkan dan mengembangkan diri sebagai sumber daya manusia yang kritis dan kreatif. Guru merupakan seseorang yang sangat perlu dihormati karena memiliki pemerhati dan kepedulian yang tinggi terhadap keberhasilan pendidikan dan pembelajaran di sekolah atau madrasah. Peran guru di era global abad 21 ini sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik dalam mewujudkan tujuan hidupnya ke arah yang lebih baik. Pada uraian berikut dikemukakan profesinal guru, permasalahan yang dihadapi guru, tuntutan profesional guru, mengembangkan sikap profesional guru, dan bagaimana upaya peningkatannya.

Downloads

Published

2023-03-16

How to Cite

Yanto, Y., & Supriyanto, S. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Menghadapi Pendidikan Era Global (Studi di Pondok Pesantren Darul Amal Karanganyar). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 849–856. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i2.12954