Strategi Kepala Untuk Meningkatkan Mutu Madrasah di MTs Negeri 2 Sukoharjo

Authors

  • Dwi Asmawati UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Imam Makruf UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Supriyanto Supriyanto UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10045

Abstract

Strategi adalah suatu hal yang harus dimiliki oleh suatu lembaga dalam hal ini sekolah yang ingin memiliki keunggulan kompetitif dalam bersaing dan bekerja secara efektif dan efisien. Seorang kepala atau pimpinan seharunya memiliki keterampilan yang baik dalam menentukan strategi yang tepat bagi lembaga yang dipimpinya. Dengan strategi yang tepat sekolah akan dapat meningkatkan mutu dan eksistensinya agar selalu diminati masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi kepala untuk meningkatkan mutu madrasah. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 2 Sukoharjo mulai Oktober 2022 hingga November 2022. Subjek penelitian adalah kepala madrasah. Informan penelitian terdiri dari koordinator program, ketua program khusus, ketua program asrama, ketua program kelas khusus olahraga, ketua program madrasah riset, ketua prigram adiwiyata, guru, komite, wali murid dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan studi dokumen. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kepala untuk meningkatkan mutu madrasah dilakukan dengan: (1). Penetapan visi dan misi madrasah. Disesuaikan dengan kebutuhan. (2) Penetapan sasaran mutu madrasah. Sasaran mutu mengacu pada hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM), visi, misi dan tujuan madrasah. (3). Penetapan srategi peningkatan mutu madrasah. Ide-ide untuk strategi peningkatan mutu madrasah mengakomodasi 2 konsep, yaitu konsep dari atas kebawah (top-down) dan konsep bawah ke atas (bottom-up). Inovasi program tersebut yaitu; a) Kelas Program Khusus (PK) b) Program Asrama (boarding) c) Kelas Khusus Olah Raga (KKO) d) Program Madrasah Riset e) Program Madrasah Adiwiyata.

Downloads

Published

2022-12-11

How to Cite

Asmawati, D. ., Makruf, I. ., & Supriyanto, S. (2022). Strategi Kepala Untuk Meningkatkan Mutu Madrasah di MTs Negeri 2 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 10379–10388. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10045