Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah

Authors

  • Rigen Susanto UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Giyoto Giyoto UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Supriyanto Supriyanto UIN Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10470

Abstract

Negara-negara maju memperhatikan pendidikan moral dan moral rakyatnya. Pendidikan akhlak adalah pekerjaan pendidik (guru) menjadi problematika tersendiri dalam lingkup pendidikan. Guru (pendidik) menjadi pelaksana kurikulum wajib sanggup menerapkan kurikulum pada proses pembelajaran. Pertanyaan yang diamati dalam penelitian ini adalah apa yang harus dilakukan guru (pendidik) agar pendidikan moral tidak hanya dipahami oleh siswa, tetapi juga dapat diterapkan dalam kehidupan. Guru memainkan peran yang sangat dominan dalam pendidikan moral di sekolah, tetapi guru dapat memainkan peran berikut: 1) Peran sebelumnya dalam proses pembelajaran adalah: peran guru sebagai wali. 2) Peran dalam proses pembelajaran adalah organisator, fasilitator, motivator, inovator dan mentor. 3) Peran setelah pembelajaran adalah sebagai penilai.

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Susanto, R. ., Giyoto, G., & Supriyanto, S. (2022). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pendidikan Akhlak di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12363–12371. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10470