Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Strategi Pembelajaran Supportive Climate

Authors

  • Elan Elan UPI Kampus Tasikmalaya
  • Sumardi Sumardi UPI Kampus Tasikmalaya
  • Lucky Maharani Dewi Mahasiswa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5967

Abstract

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dimana penelitian ini akan membahas : (1) bagaimana perkembangan sosial-emosioanal anak, (2) Pembelajaran Supportive Climate. Perkembangan sosial emosional merupakan salah satu aspek perkembangan yang penting bagi anak. Dalam pengembangannya butuh stimulasi yang tepat dan baik. Salah satunya ialah dengan merancang atau menciptakan suatu lingkungan yang aman,nyaman atau bisa disebut dengan lingkungan kondusif bagi anak. Lingkungan yang kondusif sangat membantu dalam memgembangkan berbagai aspek perkembangan pada anak, salah satunya ialahperkembangan aspek sosial-emosional. Aspek sosial dan aspek emosional merupakan satu kesatuan yang saling berkesinambungan. Dalam menggunakan metode pembelajaran Supportive Climate, guru terlebih dahulu harus memahami aspek perkembangan, mengenal bagaimana emosi anak, bagaimana cara anak belajar, bagaimana cara anak besosialisasi, bagaimana tingkah laku anak ketika dihadapkan pada suatu permaslahan, hal ini bertujuan agar guru dapat menciptakan situasi pembelajaran yang menarik bagi anak dan cenderung tidak membosannkan atau membuat anak tertekan yang menyebabkan anak akan menjadi tidak fokus dalam pembelajaran dan anak akan memberontak.   Kata Kunci: Perkembangan Sosial Emosional, lingkungan pembelajaran, Suppotive Climate.

Downloads

Published

2022-08-12

How to Cite

Elan, E., Sumardi, S., & Maharani Dewi, L. (2022). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Strategi Pembelajaran Supportive Climate. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2982–2986. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5967