Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Kelas VII SMP Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa

Authors

  • Urip Santoso Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Arie Purwanto Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5595

Abstract

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan dapat mempermudah guru untuk membuat suatu media pembelajaran pada mata pembelajaran yang memiliki kesulitan dalam hal penyampaian materi. Salah satu mata pembelajaran yang dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pembelajaran adalah mata pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini dimulai dari (1) analisis tahap ini melakukan observasi lapangan dan menentukan materi; (2) desain tahap ini membuat flowchart dan storyboard; (3) pengembangan tahap ini membuat produk, Menyusun angket, dan validasi ahli; (4) implementasi tahap ini produk sudah divalidasi ahli; (5) tahap ini melakukan analisis data hasil angket. Penelitian ini menghasilkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifitasan media pembelajaran berbasis Android terhadap minat belajar, mata pembelajaran matematika. Kepraktisan dan keefektifitasan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu keberhasilan dalam usaha dari system yang direncanakan untuk melibatkan siswa secara aktif dan mandiri dalam pembelajaran. Hasil uji tes menyatakan bahawa terdapat kepraktisan dan keefektifitasan pengguna media pembelajaran berbasis android dengan perubahan minat belajar yang di dapat siswa.

Downloads

Published

2022-07-22

How to Cite

Santoso, U. ., & Purwanto, A. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Kelas VII SMP Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1705–1710. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5595