Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Kelas VII SMP Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5595Abstract
Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan dapat mempermudah guru untuk membuat suatu media pembelajaran pada mata pembelajaran yang memiliki kesulitan dalam hal penyampaian materi. Salah satu mata pembelajaran yang dapat memanfaatkan perkembangan teknologi dalam pembelajaran adalah mata pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini dimulai dari (1) analisis tahap ini melakukan observasi lapangan dan menentukan materi; (2) desain tahap ini membuat flowchart dan storyboard; (3) pengembangan tahap ini membuat produk, Menyusun angket, dan validasi ahli; (4) implementasi tahap ini produk sudah divalidasi ahli; (5) tahap ini melakukan analisis data hasil angket. Penelitian ini menghasilkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifitasan media pembelajaran berbasis Android terhadap minat belajar, mata pembelajaran matematika. Kepraktisan dan keefektifitasan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah suatu keberhasilan dalam usaha dari system yang direncanakan untuk melibatkan siswa secara aktif dan mandiri dalam pembelajaran. Hasil uji tes menyatakan bahawa terdapat kepraktisan dan keefektifitasan pengguna media pembelajaran berbasis android dengan perubahan minat belajar yang di dapat siswa.Downloads
Published
2022-07-22
How to Cite
Santoso, U. ., & Purwanto, A. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Kelas VII SMP Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1705–1710. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5595
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Urip Santoso, Arie Purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).