Deskripsi Kebutuhan Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa

Authors

  • Siti Mahmudah Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Arie Purwanto Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5157

Abstract

Salah satu kemampuan yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah merupakan sarana dalam mengembangkan ide-ide untuk menciptakan pengetahuan baru serta meningkatkan ketrampilan belajar siswa. Metode pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan penerapan metode problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif 2 Nurul Huda Adirejo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan tes kemampuan pemecahan masalah siswa. Dari informasi yang diperoleh, penelitian ini mempunyai beberapa hasil. Pertama, kemampuan pemecahan masalah siswa masih tergolong rendah. Kedua, guru masih menerapkan metode pembelajaran konvensional dan belum menerapkan metode pembelajaran lain. Ketiga, guru membutuhkan metode pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menyimpulkan metode pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

Mahmudah, S. ., & Purwanto, A. . (2022). Deskripsi Kebutuhan Penerapan Metode Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 30–36. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5157

Most read articles by the same author(s)