Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Daring Di MTs Muhammadiyah Srumbung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4956Abstract
Pandemi covid-19 merupakan keadaan yang mengharuskan pemerintah menetapkan sosial distancing dan melakukan pembelajaran secara daring di sekolah. Banyak dampak yang dirasakan dalam setiap pembelajaran, tidak terkecuali dalam mata pelajaran matematika. Dengan pembelajaran daring tentunya ada kesulitan yang dialami oleh siswa maupun guru, oleh karena itu dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui yang menjadikan siswa mengalami kesulitan belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode kuatilatif desktriptif dengan menguraikan permasalahan dalam bentuk narasi. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara kepada siswa sebagai subjek utama, guru mata pelajaran matematika, waka kurikulum dan kepala sekolah sebagai subjek pendukung. Dari hasil wawancara diketahui bahwa yang menjadikan kesulitan belajar dengan pembelajaran daring dalam mata pelajaran matematika adalah kurangnya pemahaman materi yang disampaikan oleh guru, sebagian besar siswa mengatakan bahwa matematika banyak rumus dan hitungan angka yang harus dijelaskan sehingga dengan pembelajaran daring mereka merasa tidak bisa memahami materi dengan maksimal. Guru mata pelajaran juga mengalami kesulitan dalam menyampaikan materi, karena hanya sebagian kecil siswa yang bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. Waka kurikulum sependapat dengan kepala sekolah yang menegaskan bahwa kurangnya komunikasi antara siswa dan guru sangat mempengarui pembelajaran daring terutama dalam mata pelajaran matematika. Faktor lainnya adalah karena jaringan di daerah tempat tinggal siswa sering trouble.Downloads
Published
2022-06-26
How to Cite
Lisnawati, . E. ., & Purwanto, A. . (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Dengan Pembelajaran Daring Di MTs Muhammadiyah Srumbung . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1746–1750. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4956
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Erna Lisnawati, Arie Purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).