Analisis Number Sense Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP

Authors

  • Sri Idayani Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Arie Purwanto Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4977

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan number sense siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi Bilangan Bulat kelas VII di SMP Negeri 2 Sleman yang terletak di Jl. Magelang -Yogyakarta No.77, Panggeran 8, Kalurahan Triharjo, Kapanewon Sleman, Kabupaten Sleman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling dengan jumlah subyek sebanyak 31 siswa di kelas VII D. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah kualitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan soal tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data pada penelitian ini mengguakan model Miles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat 13% subyek yang mempunyai kemampuan number sense tinggi, (2) terdapat 68% subyek yang mempunyai kemampuan number sense sedang, (3) terdapat 19% subyek yang mempunyai kemampuan number sense rendah.

Downloads

Published

2022-06-26

How to Cite

Idayani, S. ., & Purwanto, A. . (2022). Analisis Number Sense Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1887–1893. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4977