Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Animasi Berbantuan Software Adobe Flash Professional CS6 Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Materi Perbandingan Untuk Kelas VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5670Abstract
Permasalahan rendahnya minat dan prestasi belajarnya siswa dapat diatasi dengan menciptakan suatu inovasi pembelajaran baik itu berupa strategi ataupun metode. Salah satu usaha yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan multimedia pembelajaran. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis animasi untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa pada materi perbandingan yang memiliki kualitas baik dari kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sempor. Instrumen penelitian yang digunakan adalah multimedia pembelajaran berbasis animasi, angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket respons siswa, dan soal pretest dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Produk pengembangan multimedia pembelajaran berbasis animasi mendapatkan kriteria “valid” pada aspek media, dan mendapatkan kriteria “valid” pada aspek materi, dengan demikian produk multimedia pembelajaran animasi dinyatakan valid oleh validator ahli materi dan ahli media, (2) Produk multimedia pembelajaran animasi mendapatkan respon “sangat valid” dari hasil uji coba skala kecil dan uji coba skala besar, sehingga produk multimedia pembelajaran animasi ini memenuhi kriteria praktis, (3) Produk multimedia pembelajaran berbasis animasi efektif dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa karena peningkatan nilai pre-test dan post-test dari kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil ini menyimpulkan bahwa multimedia pembelajaran berbasis animasi untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa dinyatakan layak digunakan.Downloads
Published
2022-07-26
How to Cite
Ramadhan, T., & Purwanto, A. . (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Animasi Berbantuan Software Adobe Flash Professional CS6 Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Materi Perbandingan Untuk Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 1972–1985. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5670
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Titan Ramadhan, Arie Purwanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).