Faktor-Faktor Penghambat Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 17 Palembang

Authors

  • Linda Komala UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Hetilaniar Hetilaniar UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG
  • Henni Riyanti UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5309

Abstract

Masalah penelitian ini adalah keterampilan membaca siswa kelas I SD Negeri 17 Palembang masih mengalami kesulitan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor penghambat keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 17 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan faktor-faktor penghambat keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 17 Palembang yaitu faktor internal (dalam diri siswa) dan faktor eksternal (luar diri siswa). Faktor internal meliputi kurangnya motivasi siswa dalam membaca, siswa malas untuk membaca, daya ingat siswa yang kurang sehingga sulit mengingat huruf, kurangnya minat untuk membaca, tidak adanya perhatian siswa saat belajar, usia siswa yang lebih kecil dari teman sebayanya, dan siswa tidak bersekolah di Taman Kanak-Kanak (TK). Faktor eksternal meliputi orang tua kurang memberikan perhatian kepada anaknya, kurangnya komunikasi dan interaksi antara orang tua dan siswa, kurangnya bimbingan orang tua, orang tua kurang memenuhi fasilitas belajar di rumah, dan kondisi lingkungan yang tidak kondusif. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai kontribusi berupa pemikiran untuk kemajuan keterampilan membaca permulaan bagi siswa kelas I.Kata Kunci: Faktor Penghambat Membaca, Keterampilan Membaca Permulaan, Siswa Sekolah Dasar.

Downloads

Published

2022-07-09

How to Cite

Komala, L. ., Hetilaniar, H., & Riyanti, H. . (2022). Faktor-Faktor Penghambat Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 17 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 765–771. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5309

Most read articles by the same author(s)