Implementasi Pendidikan Mutlkultural dalam Perspektif Islam (Kasus di SMP IT El-Azma Bekasi)

Authors

  • Kardi Leo UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fitri Meliani Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Nurwadjah Ahmad UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Andewi Suhartini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5116

Abstract

Pembahasan pendidikan multikultural mengkaji mengenai keberagaman daerah asal penduduk, bahasa, dan budaya setiap siswa yang ada di sekolah. Penting untuk mengaplikasikan konsep pendidikan multikultural di lingkungan sekolah. Maka peneliti menderivasikan kajiannya dalam pertanyaan penelitian, pertama, bagaimana konsep pendidikan multikultural yang diupayakan di lingkungan SMP IT El-Azma Bekasi? Sejauh mana peran tokoh dan pimpinan sekolah terhadap konsep pendidikan multikultural yang diupayakan di  SMP IT El-Azma Bekasi? Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian kualitatif, dengan pendekatan metode studi kasus. Teknik analisis datanya adalah konsep analisis deskriptif dengan melibatkan tiga komponen analisis, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data dislay), dan penarikan kesimpulan (verification).

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Leo, K. ., Meliani, F. ., Ahmad, N., & Suhartini, A. . (2022). Implementasi Pendidikan Mutlkultural dalam Perspektif Islam (Kasus di SMP IT El-Azma Bekasi). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2506–2513. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5116