Konsep Rahmatan Lil’alamin dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Mohamad Yamin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fitri Meliani Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon
  • Nurwadjah Ahmad UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Andewi Suhartini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4221

Abstract

Konsep Islam rahmatan lil alamin dikemukakan dan dihubungkan dengan berbagai tantang dan peluang, serta kelemahan dan kekuatan yang dimiliki bangsa Indonesia, dan juga kondisi objektif pendidikan Islam yang masih membutuhkan revitalisasi, maka model pendidikan Islam yang diperlukan guna menghadapi tantangan bangsa adalah model pendidikan yang berbasis rahmatan lil alamin. Dengan penerapan sembilannilai Islam rahmatan lil’alamin sekolah diharapkan mampu mengajarkan mengenai indahnya Islam dalam menjunjung tinggi perdamaian. Penelitian ini adalah jenis kualitatif deskriptif dengan metode libraby research, yaitu elaborasi variable konsep rahmatan lil’alamin dalam pendidikan Islam dari Al Quran, hadits, buku dan jurnal para ilmuwan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi yang digunakan guru PAI dalam menanamkan sembilan nilai Islam rahmatan Iil’alamin dilakukan dengan beberapa cara, yaitu memberikan wawasan keislaman, melalui uswatun hasanah, serta melalui studi kasus dalam pelaksanaan diskusi. Hasil dari penanaman sembilan nilai Islam rahmatan Iil’alamin ini adalah terciptanya suasana sekolah yang damai.

Downloads

Published

2022-04-30

How to Cite

Yamin, M., Meliani, F. ., Ahmad, N., & Suhartini, . A. . (2022). Konsep Rahmatan Lil’alamin dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 509–517. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4221