Konsep Pendidikan Karakter Dalam Islam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4151Abstract
Pendidikan karakter adalah suatu pendidkan yang digunakan untuk menanamkan dan mengembangkan karakter kepada peserta didik, sehingga mereka memiliki karakter yang luhur setelah memiliki maka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, di sekolah maupun di masyarakat. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui landasan Pendidikan karakter, Tahap-Tahap Perkembangan Dan Pembentukan Karakter, serta Konsep Pendidikan Karakter Dalam Islam. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan cara mengumpulkan beberapa referensi baik berupa buku, artikel, dokumen, dan lain-lain yang berkaitan dengan konsep pendidikan karakter dalam islam dikaji dalam tataran teoretis. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa  pendidikan karakter merupakan suatu sistem pendidikan moral atau budi pekerti yang digunakan untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter yang baik kepada seseorang dengan menggunakan metodologi pendidikan Islam yang bersumber dari wahyu Allah, yang secara tidak langsung berhubungan dengan iman manusia. Rasulullah Shalallaahu Alaihi Wassalaam merupakan pencapaian karakter bagi umat di seluruh dunia. Sehingga Konsep pendidikan karakter dalam Islam berupaya membentuk anak didik yang berakhlaq mulia sehingga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari baik di rumah, di sekolah maupun di masyarakat.Downloads
Published
2022-04-24
How to Cite
Supriani, Y., Nurwadjah, N., & Suhartini, A. . (2022). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 438–445. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4151
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yuli Supriani, Nurwadjah Nurwadjah, Andewi Suhartini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).