Pendidikan Karakter Melalui Konsep Budaya Islami dan Sekolah Ramah Anak di SMP Islam Cendekia Cianjur

Authors

  • Dindin Alawi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nurwadjah Ahmad UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Andewi Suhartini UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5120

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menggali  informasi pelaksanaan pembelajaran untuk mewujudkan SMP Islam Cendekia Cianjur. Pendekatan   yang dilakukan adalah kualitatif. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun  rencana  pembelajaran  yang  memperhatikan hak-hak anak, yakni memperhatikan waktu bermain dan istirahat, merencanakan  materi  ajar  yang  sesuai  dengan  kondisi  anak, lingkungan  pembelajaran  disetting  untuk  memungkinkan  siswa belajar  aktif.  Untuk  aspek  pelaksanaan  pembelajaran  dilakukan dengan  mengembangkan  materi  ajar  yang  tidak  terbatas  dalam buku teks,   tetapi   mengedepankan   budaya   lokal,   melakukan pembelajaran    dengan    memperhatikankarakteristik siswa, melaksanakan pembelajaran menyenangkan,    memanfaatkan lingkungan, pengembangan minat dan bakat anak, tersedia waktu bermain, beristirahat, dan berolahraga,  siswa diberi kesempatan untuk   mengapresiasi   seni   budaya   lokal,   penggunaan   alat permainan    edukatif,    menciptakan    suasana    belajar    yang mengembangkan    aspek    peduli    lingkungan.    Pada    bagian penilaian,  dilakukan  denganmelaksanakan  penilaian  autentik dalam  hasil  dan  proses  pembelajaran. Dari  berbagai  temuan, untuk menciptakan Sekolah Ramah Anak melalui pembelajaran yang masih perlu diperhatikan adalah layanan inklusi.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Alawi, D. ., Ahmad, N. ., & Suhartini, A. . (2022). Pendidikan Karakter Melalui Konsep Budaya Islami dan Sekolah Ramah Anak di SMP Islam Cendekia Cianjur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2514–2520. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5120