Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Saski Anggreta Fauzi Universitas Islam Riau
  • Dea Mustika Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran mencakup kepada lima indikator. Pertama menyediakan seluruh perangkat pembelajaran, Kedua menyediakan fasilitas pembelajaran, Ketiga bertindak sebagai mitra, Keempat melaksanakan tugas dan fungsi sebagai guru, Kelima tidak bertindak sewenang-wenang kepada siswa. Secara keseluruhan guru telah berupaya untuk menjalankan perannya sebagai fasilitator dalam pembelajaran walaupun guru belum menunjukkan hasil yang maksimal. Kendala guru berperan sebagai fasilitator didalam pembelajaran yaitu minimnya informasi yang didapatkan oleh guru berkaitan tentang perangkat pembelajaran terutama dalam menyiapkan soal evaluasi serta fasilitas pembelajaran terutama dalam menyediakan media pembelajaran yang mendukung kelancaran proses pembelajaran. Solusi untuk menghadapi kendala yang dihadapi guru dengan mencari referensi-referensi pendukung ataupun ide-ide kreatif untuk memunculkan media pembelajaran yang menarik serta mengikuti pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan perangkat pembelajaran.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Fauzi, S. A. ., & Mustika, D. . (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2492–2500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113