Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran mencakup kepada lima indikator. Pertama menyediakan seluruh perangkat pembelajaran, Kedua menyediakan fasilitas pembelajaran, Ketiga bertindak sebagai mitra, Keempat melaksanakan tugas dan fungsi sebagai guru, Kelima tidak bertindak sewenang-wenang kepada siswa. Secara keseluruhan guru telah berupaya untuk menjalankan perannya sebagai fasilitator dalam pembelajaran walaupun guru belum menunjukkan hasil yang maksimal. Kendala guru berperan sebagai fasilitator didalam pembelajaran yaitu minimnya informasi yang didapatkan oleh guru berkaitan tentang perangkat pembelajaran terutama dalam menyiapkan soal evaluasi serta fasilitas pembelajaran terutama dalam menyediakan media pembelajaran yang mendukung kelancaran proses pembelajaran. Solusi untuk menghadapi kendala yang dihadapi guru dengan mencari referensi-referensi pendukung ataupun ide-ide kreatif untuk memunculkan media pembelajaran yang menarik serta mengikuti pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan perangkat pembelajaran.Downloads
Published
2022-06-30
How to Cite
Fauzi, S. A. ., & Mustika, D. . (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2492–2500. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.5113
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Saski Anggreta Fauzi, Dea Mustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).