Peran Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5197Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di SDN 141 Pekanbaru. Sumber data utama penelitian ini melibatkan dua guru kelas V dan kepala sekolah serta dua siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan telaah dokumen. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pembelajaran adalah pertama, guru sebagai fasilitator. Guru sebagai fasilitator memiliki peran sebagai perancang media pembelajaran yang akan digunakan di dalam proses pembelajaran, seperti media pembelajaran berbasis video maupun media gambar. Kedua, guru sebagai pengelola pembelajaran. Sebagai pengelola pembelajaran berperan sebagai merencanakan tujuan pembelajaran yang akan diajarkan sampai pemberian soal kepada siswa. Ketiga, guru sebagai motivator. Guru di dalam proses pembelajaran berperan sebagai pemberi motivasi-motivasi kepada siswa. Keempat, guru sebagai pembimbing. Guru berperan sebagai pemberi bimbingan kepada siswa secara individu maupun kelompok. Kelima, guru sebagai demonstator. Guru berperan sebagai demonstator bertindak menunjukkan sikap terpuji kepada siswa. Selain itu juga menggunakan media pembelajaran dan metode pembelajaran. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru di SDN 141 Pekanbaru telah berusaha menjalankan perannya dalam pembelajaran.Downloads
Published
2022-07-04
How to Cite
Meri, E. G. ., & Mustika, D. . (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 200–208. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5197
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Elsa Guslia Meri, Dea Mustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).