Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Desryani Desryani Universitas Islam Riau
  • Dea Mustika Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4782

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat lima peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa yaitu memberikan dorongan, memberikan penghargaan atau hadiah, menciptakan lingkungan kondusif atau nyaman, memberikan dukungan agar tidak mudah menyerah, mengenalkan hal-hal baru yang memicu rasa ingin tahu siswa. Serta kendala yang dialami oleh orang tua dalam menjalankan perannya untuk memotivasi belajar siswa yaitu keterbatasan ruangan sehingga orang tua tidak bisa menyediakan ruang belajar khusus untuk siswa dan keterbatasan prekonomian masing-masing orang tua sehingga orang tua belum maksimal dalam menjalankan perannya sebagai seorang motivator

Downloads

Published

2022-06-19

How to Cite

Desryani, . D., & Mustika, D. . (2022). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1252–1259. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4782