Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4782Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Teknik dan instrument pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat lima peran orang tua dalam memotivasi belajar siswa yaitu memberikan dorongan, memberikan penghargaan atau hadiah, menciptakan lingkungan kondusif atau nyaman, memberikan dukungan agar tidak mudah menyerah, mengenalkan hal-hal baru yang memicu rasa ingin tahu siswa. Serta kendala yang dialami oleh orang tua dalam menjalankan perannya untuk memotivasi belajar siswa yaitu keterbatasan ruangan sehingga orang tua tidak bisa menyediakan ruang belajar khusus untuk siswa dan keterbatasan prekonomian masing-masing orang tua sehingga orang tua belum maksimal dalam menjalankan perannya sebagai seorang motivatorDownloads
Published
2022-06-19
How to Cite
Desryani, . D., & Mustika, D. . (2022). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1252–1259. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4782
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Desryani, Dea Mustika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).