Pendampingan Calon Guru Penggerak Sekolah Dasar di Desa Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10168Abstract
Gebrakan yang disampaikan oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud) Nadiem Makarim tentang pendidikan di Indonesia menenai sebuah konsep “merdeka belajar” dan “guru penggerak”. Kurangnya informasi yang berkaitan dengan program guru penggerak merupakan permasalahan yang ditemukan di SDN 001 Empat Balai sehingga program yang digaungkan oleh Kemendikbud belum dapat dilakukan secara optimal. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk melakukan sosialisasi dan pendampingan bagi guru -guru SDN 001 Empat Balai kecamatan Kuok supaya dapat menjadi bagian dari guru penggerak. Metode pengabdian dilakukan dengan observasi dan sosialisasi secara langsung ke SDN 001 Empat Balai. Tempat pengabdian dilakukan adalah SDN 001 Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar dengan peserta 16 orang guru SDN 001 Empat Balai. Pelaksanaan pengabdian dilakukan dengan tahapan observasi dilapangan, sosialisasi kepada guru-guru tentang program guru penggerak dan pendampingan untuk mengikuti program guru penggerak. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan selama 2 kali pertemuan. Adapun hasil pengabdian yang dilakukan menunjukkan bahwa guru-guru SDN 001 sangat antusias dengan kegiatan yang dilakukan. Partisipasi guru dalam kegiatan ditunjukkan dengan turut aktifnya memberikan pertanyan-pertanyaan dan tingginya jumlah kehadiran guru pada kegiatan yang dilaksanakan. Kemudian pada saat evaluasi kegiatan, guru-guru juga menyampaikan harapannya kedepan suapaya kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dengan topik yang berbeda.Downloads
Published
2022-12-19
How to Cite
Ain, S. Q. ., Yunita, Y. ., Mustika, D. ., & Lingga, L. J. . (2022). Pendampingan Calon Guru Penggerak Sekolah Dasar di Desa Empat Balai Kecamatan Kuok Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12291–12296. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10168
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Siti Quratul Ain, Yenni Yunita, Dea Mustika, Lenny Julia Lingga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).